Kategori Sistem Pakar

a.Kontrol (control)
Dengan tujuan untuk mengatur perilaku kerja sistem dalam suatu lingkungan yang kompleks, termasuk didalamnya adalah penafsiran, perkiraan, pengawasan dan perbaikan perilaku kerja sistem tersebut. Contoh : control terhadap proses manufacturing lengkap.

b.Desain (design)
Dengan tujuan untuk menentukan konfigurasi yang cocok dari komponen-komponen yang ada pada sebuah sistem sehingga diperoleh kemampuan kerja yang memuaskan walaupun terdapat keterbatasan didalamnya. Contoh : layout circuit.

c.Diagnosa (diagnosis)
Dengan tujuan untuk melakukan diagnose yang menentukan sebab-sebab gagalnya suatu sistem dalam situasi kompleks yang didasarkan pada pengamatan terhadap gejala-gejala yang diamati. Prinsipnya adalah untuk menemukan apa masalah atau kerusakan yang terjadi. Contoh : computer troubleshooting.

d.Instruksi (instruction)
Dengan tujuan untuk mendeteksi dan memperbaiki kurangan perilaku siswa dalam memahami bidang informasi tertentu. Contoh : program tutorial.

e.Interpretasi (interpretation)
Dengan tujuan menganalisa data yang tidak lengkap, tidak teratur dan data yang kontradiktif yang biasanya diperoleh melalui sensor. Contoh : analisis citra.

f.Pengamatan (monitoring)
Dengan tujuan membandingkan perilaku yang diamati dalam suatu sistem dengan perilaku yang diharapkan untuk mengenal variasi perilaku yang terdapat didalamnya. Contoh : control instalasi nuklir.

g.Perencanaan (planning)
Dengan tujuan untuk mendapatkan tahapan secara urut dari tindakan yang harus dilakukan untuk mencapai sasaran yang ditetapkan sebelumnya dari suatu kondisi awal tertentu. Contoh : lengan robot yang dapat memindahkan beberapa balok dengan susunan tertentu dari susunan asal yang acak.

h.Prediksi (prediction)

Dengan tujuan untuk memberikan kesimpulan mengenai akibat atau efek yang mungkin terjadi dari sejumlah alternatif situasi yang diberikan. Contoh : financial forecasting.

i.Prekripsi
Dengan tujuan untuk memberikan rekomendasi solusi untuk suatu kondisi malfungsi sistem yang diberikan.

j.Seleksi (selection)
Dengan tujuan untuk mengidentifikasi pilihan yang terbaik atau yang paling cocok dari sebuah daftar kemungkinan dengan memberikan kriteria-kriteria tertentu.

k.Simulasi (simulation)
Dengan tujuan untuk membuat suatu model atas sebuah sistem atau proses yang memiliki banyak kemungkinan solusi.














Ref :
Durkin, J. 1994. Expert System Design and Development. Prentice Hall International Inc. New Jersey.
Kusrini. 2006. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.